Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024
Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN
MADRASAH YOUNG RESEACHERS SUPERCAMP
TAHUN 2024
A. Pendahuluan
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025, saat ini pembangunan Indonesia telah memasuki tahap ketiga menuju tahap keempat. Dari tahap pemantapan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas serta kemampuan ilmu dan teknologi, menuju tahap mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan pada terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing.
Atas dasar itu, maka arah kebijakan harus diarahkan pada penguatan mutu sumber daya manusia dan keunggulan sumber daya alam sebagai ikhtiyar menciptakan tatanan masyarakat mandiri, maju, adil dan makmur. Untuk mewujudkan hal ini, Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting, terutama dalam proses transmisi pengetahuan dan transformasi sosial. Secara historis, madrasah diyakini telah terbukti menjadi salah satu lembaga pendidikan Islam yang tidak anti terhadap kemodernan (Mulyanto, 2019), dan dikenal sebagai pendidikan Islam khas Indonesia yang memiliki respon dan dukungan positif terhadap gagasan demokrasi serta toleransi (Burhanudin dan Jabali, 2007).
Mempertimbangkan situasi sosial, ekonomi, budaya, politik dan keagamaan yang dewasa ini jauh lebih kompleks, madrasah pun dituntut tidak lagi sekedar menjawab persoalan internalisasi nilai-nilai Islam dalam konteks negara-bangsa, tetapi juga mempersiapkan generasi muda muslim agar mampu menyesuaikan diri dan memiliki peran di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (Supriatna & Ratnaningsih, 2017). Mereka adalah bagian dari kelompok masyarakat paling aktif dan kreatif membangun identitas. Mereka memiliki kesempatan lebih untuk dapat berintekasi dan berkomunikasi dengan orang dan ide baru (Smith-Hefner, 2017), sehingga keberadaan mereka diharapkan mampu menjadi kekuatan pendorong perubahan sosial (Saluz, 2009).
Untuk mewujudkan hal tersebut, sangat diperlukan kegiatan pendampingan, baik berupa pendidikan, pelatihan, maupun pembiasaan dalam tradisi riset dan berkompetisi secara fair, agar tidak terjebak pada model pemikiran, sikap dan perilaku yang instan dan pragmatis.
Salah satu strateginya adalah dengan memberikan ruang lebih kepada para peserta didik Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) untuk memaksimalkan potensi dan bakat mereka. Di antaranya melalui kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”. Selain sebagai bentuk implementasi visi Kementerian Agama RI, kegiatan ini juga sekaligus menjadi bentuk ejawantah dari visi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo 2019-2024 yang difokuskan pada peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).
Dengan pertimbangan di atas, Direktorat Kurikulum Saran Kesiswaan dan Kelembagaan Madrasah (KSKK), menilai perlu untuk melakukan upaya penguatan dan pembiasaan tradisi riset di lingkungan Madrasah. Agar generasi yang lahir dari Madrasah tidak hanya matang secara spiritual, tetapi juga cerdas secara intelektual dan sosial. Generasi yang selain memiliki kemandirian tinggi, juga memiliki pola pikir dan pola tindak ilmiah, merespon berdasarkan data dan fakta di tengah derasnya arus informasi dunia modern.
B. Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Menanamkan cara berpikir, bersikap, bertindak secara ilmiah berdasarkan olah data kepada peserta didik madrasah;
2. Meningkatkan kemampuan dasar penelitian, berpikir logis dan analitis, serta keterampilan berkomunikasi dan menulis karya ilmiah;
3. Memberikan peluang kepada peserta didik madrasah untuk menggali dan mengembangkan gagasan, kemampuan dan kreatifitasnya dalam hal penelitian;
4. Meningkatkan integritas, kepercayaan diri, kepedulian, serta kemampuan bekerjasama dan beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang melingkupi kehidupan sehari-hari;
5. Mengembangkan budaya riset di kalangan peserta didik madrasah.
C. Bentuk Kegiatan
Bentuk dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan, menyeleksi, membimbing, hingga menentukan juara “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024” tingkat nasional untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Persiapan
Kegiatan ini berupa penyiapan dokumen petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”.
2. Sosialisasi
Kegiatan ini merupakan bentuk diseminasi program dan berbagai tahapan kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”.
3. Pendaftaran
Kegiatan ini merupakan tahap di mana seluruh siswa MA dan MTs di seluruh Indonesia akan mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”.
4. Seleksi
Setelah sosialisasi dan pendaftaran, tahapan kegiatan selanjutnya adalah seleksi administrasi (kelengkapan persyaratan dan cek similarity) dan proposal (subtansi dan seminar proposal).
5. Presentasi Proposal
Peserta terpilih dari seleksi proposal akan mempresentasikan proposalnya.
6. Pelaksanaan Penelitian dan Bimbingan
Kegiatan ini berupa pelaksanaan penelitian (pencarian, pengolahan dan analisis data, serta penulisan laporan) dan pembimbingan. Peserta pada tahap ini adalah yang terpilih dari tahap presentasi proposal.
7. Presentasi Hasil Penelitian
Setelah melaksanakan penelitian (pencarian, pengolahan dan analisis data, serta penulisan laporan) dan bimbingan, para peserta akan mempresentasikan hasil/laporan penelitian.
8. Grand Final, Expo Hasil Penelitian dan Apresiasi
Kegiatan ini merupakan tahap akhir rangkaian kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”. Pada tahap ini grand finalis melakukan presentasi, pameran hasil penelitian. Sebagai puncak dari kegiatan ini adalah pemberian apresiasi terhadap para juara MYRES tingkat MA dan MTs.
D. Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024” ini dilaksanakan pada Tahun 2024 dengan rincian waktu pelaksanaan sebagaimana terlampir.
E. Tanggung Jawab Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana bersama dengan tim yang ditunjuk oleh Direktur KSKK Madrasah. Oleh Karena itu, seluruh pelaksanaan kegiatan ini berada di bawah koordinasi dan tanggung jawab Direktorat KSKK Madrasah.
Selengkapnya tentang Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024 bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<